Silat Betawi Walet Putih


Silat ini dikembangkan oleh beberapa pesilat betawi dibilangan Cilandak dan Jeruk Purut. Berbeda dengan silat Walet Puti (tanpa huruf “H” dibelakangnya), pergururan ini boleh dibilang tidak terlalu terkenal dengan jumlah murid yang tidak terlalu banyak.

Menurut informasi Sejarah pendiri walet putih adalah
no.1 Bandi
no.2 Anang s
no.3 Ipan
no.4 Rudi
no.5 Wagiran
no.6 Eko
no.7 Bang Narto.

 

Pelatih silat ini di Kebagusan Pasar Minggu adalah Bang Narto dan Asistennya Bang Haris serta beberapa nama pendiri yang saya sudah tidak ingat. Mereka berdua tinggal di Jeruk Purut Jakarta selatan. Selain di Jeruk Purut, PPS Walet Putih juga sempat dikembangkan di Cilandak dan Kebagusan Pasar Minggu Jakarta Selatan.

Sebagaimana silat betawi, silat ini mementingkan kuda-kuda yang kokoh namun lincah. Mungkin sudah mengadopsi gerakan dari luar betawi serangan dan pasangan silat walet putih lebih terbuka, termasuk serangan dengan menggunakan tendangan dan pukulan tangan dengan tenaga full. Biasanya pukulan betawi memang lebih terkesan semacam totokan.

8 Comments

  1. Minta info WALET PUTIH cabang matraman,JAKTIM donk!…saya berminat mau belajar!…

  2. mau info tentang perguruan silat walet putih di jkt selatan dan nomer telpon yang dapat dihubungi…terima kasih

  3. minta info tentang PS Walet Putih di cilndak atw daerah Jak selatan..minta untuk belajar

  4. saya mo ? pernah ga Silat walet putih ngadain pertandingan/event2….?
    kalo ada dimana ?
    Mo tau dong…

  5. saya pernah ikut perguruan ini di kebagusan waktu sd,masih adakah perguruan ini skrg,klo masih ada bisa minta alamatnya..thanks b4

  6. Sejarah pendiri walet putih yg sebenarnya
    no.1 bandi
    no.2 anang s
    no.3 ipan
    no.4 rudi
    no.5 wagiran
    no.6 eko
    no.7 narto

    dan haris sebagai asisten

    • salam kenal bang Aji

      Saya mengenal Bang Haris dan Bang Narto sebagai guru saya
      salam kepada mereka jika bertemu
      ingin jumpa kalau bisa
      apakah bang Aji belajar Walet Putih juga?
      Teman teman di Lentemng Agung masih banyak yg ingin berlatih

      salam

      Arifin

  7. aku dari dulu di sumatra utara ikut walet putih.
    aku mau tanya yang cabang jember adanya dimana yah??
    tolong reply please..
    aku mau gabung dan ningkatin lagi udah 6 tahun aku fakum cuman bisa ngembangin yang aku tahu aja..😦


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s