Teknik Burung Kuntul

Setelah mempelajari teknik Meliwis, pesilat akan menerima pelajaran teknik berikutnya, Burung Kuntul. Bila saat berlatih Meliwis, pesilat diajarkan untuk bergerak ringan, kini pesilat diajarkan untuk melibatkan tenaga saat bergerak ringan.

Dibandingkan dengan Meliwis, Kuntul tidak hanya menyerang bagian lemah, tetapi juga bagian lain seperti lutut. Teknik ini memiliki satu macam tendangan yang digunakan untuk merusak lutut lawan.

Pada saat menyerang, sifat serangan Kuntul adalah memecut. Serangan dilontarkan sangat cepat dari badan ke arah sasaran dan dengan sendirinya kembali ke arah badan dengan kecepatan yang sama. Namun pola serangan Kuntul tidak pernah lurus kedepan seperti teknik beladiri pada umumnya. Serangan Kuntul selalu mengarah ke samping.

Untuk menyerang depan, maka Kuntul akan memposisikan dirinya sedemikian rupa, sehingga lawan menjadi berada di samping saat serangan mencapai target.

Sumber : Bungasepasang Online

3 Comments

  1. Salam Bunga Sepasang, Say dari PD Bogor, tingkat H . Kuntul merupakan tehnik yang paling saya sukai.😉

  2. SALAM BUNGA SEPASANG
    maaf maksud saya teknik mliwis
    saya ingin berlatih Perisai Diri lagi,,,, saat ini sedang mempelajari teknik Mliwis,,,,,mohon untk dituliskan rangkaian teknik kuntul sehingga saya bisa belajar sendiri untuk kemudian akan saya konsultasikan hasilnya dengan yang melatih saya di unit saya duhulu.
    mohon dituliskan atau dikirim ke email saya cunyilcuranyi@gmail.com. terimakasih.

  3. Salam bunga sepasang….saya sudah lama tidak berlatih silat (6 tahun) saat ini saya sedang mempelajari kembali teknik asli Kuntul dan Mliwis. Mohon dikirimkan tulisan tentang rangkaian teknik-teknik tersebut agar saya bisa mengulanginya kembali. diemail ke lusianus_tusalak@yahoo.co.id.
    Saat ini tingkatan saya adalah strip hijau. Terima kasih


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

