Jambia, pisau khas Yaman

jambia4

Hampir sepekan di Yaman, tak saya lewatkan untuk menikmati beladiri khas Yaman. tak mudah menemukan akar beladiri ini. Maklumlah sejak lama Yaman dikenal luas sebagai negara dengan perdagangan senjata api yang bebas. Maka beladiri Yaman nyaris bukan dikembangkan melalui Fighting tetapi berupa War.

Beruntung saya temukan semacam gerak tarian dengan senjata khas Yaman bernama Jambia. Jambia adalah sebilah pisau bremata dua dengan ujung agak melengkung dan sarung yang melengkung dan diselipkan di pinggang depan atau perut pada sabuk. Nyaris hampir seluruh pemuda Yaman membawa jambia jika keluar rumah. Gerak langkah penari jambia sangat gemulai dan dinamis dengan langkah kaki ringan, kedepan dan belakang dan terkadang melingkar.

jambia3Jambia sendiri dipegang dengan genggaman yang ringan, bahkan dengan menggunakan dua jari. saya membayangkan ahli jambia akan sangat lincah memutar-mutar jambia dan memindahkan dari tangan satu ketangan lainnya.

Ketika saya mencoba tariannya, saya sendiri merasakan lengkah yang sangat dinamis. Diringi degan tabuhan genderang yang mendentam, langkah Jambia ini sangat indah sebagai sebuah tari dan juga sebagai langkah dasar beladiri Jambia.

Saya sempat membeli sebuah Jambia untuk bisa mendalami penggunaannya di tana air.

2 Comments

  1. dimana saya bisa beli di Indonesia??
    ‘adi (www.senimanbeladiri.blogspot.com)

  2. keren banget, mas..
    mampir ke blog ku mas, lagi belajar buat blog nih
    salam


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

