Bela Diri Nusantara Purba

Saya terkaget melihat foto patung yang dibuat oleh penemu manusia jawa. Digambarkan saat itu manusia jawa telah menggunakan senjata untuk membela diri dan berburu. barangkali inilah cikal bakal silat di Nusantara yang kemudian dikembangkan ke seluruh dunia.
Ini diperkuat dengan penemuan bahwa Nusantara adalah asal dari penyebaran manusia. Penelitian yang dipaparkan dalam sebuah buku Eden From The East ini menyebutkan hasil penelitian DNA yang menyebutkan bahwa Nusantara adalah wilayah pertama kali peradaban dan kemudian menyebar ke berbagai wilayah dunia. Bisa jadi silat purba merupakan peradaban beladiri tertua yang akhirnya mengispirasi beladiri lain di dunia.

Coba bayangkan, jika rekaan gambar ini benar, siapa yg ajari manusia generasi pertama ini memegang pisau? Tentu saja ini hasil budidaya Manusia Jawa ini sendiri. Artinya silat memang berkembang di nusantara lalu disebarkan ke seluruh penjuru dunia, berinteraksi dan kemudian saling mempengaruhi.

4 Comments

  1. info yang merarik mas, saya senang silat, senang melihat Anda mengembangkan silat.

    selamat berjuang, semoga sukses

  2. Salam,
    Seluruh Kebudayaan purba termasuk beladiri berasal dari Wilayah India Kuno, yang saat itu terdiri dari Semenanjung Hindia, Semenanjung Malaka, Indo China, Kepulauan Nusantara, dengan pusatnya di Jawadwipa yg merupakan gabungan Jawa, Sumatera dan Bali.
    Akibat bencana besar di wilayah itu, ilmu beladiri purba tersisa dan terlestarikan di Semenanjung Hindia dgn nama Kalapariyatu yang kemudian di bawa ke daratan China untuk mencapai bentuk kesempurnaannya di Biara Shaolin.
    Yang kemudian oleh para pendekar2 legendaris spt. LDT dikembalikan ke tempat asal muasalnya yaitu Kepulauan Nusantara untuk disempurnakan dan berinteraksi dengan saudara2 sekandungnya sambil menghirup udara asli nusantara.
    Demikian.

  3. manusia ya dari manusia bukan dari moyet, SIlat memang kekayaan nusantara, tapi ya dibandang dengan baik, Manusia kok dibandingkan dengan moyet, capek deeeeeeeee

  4. Semua bentuk kebudayaan di dunia ini berasal dari Afrika Mas…..Termasuk asal-usul manusia di bumi ini. Secara akademik, di dunia ini diakui bahwa Kebudayaan tertua (termasuk ilmu silat dll) di dunia ini cuma 3 : Mesir, India, China…..jangan buat persepsi yang menyesatkan mas….Gak ada lagi kebudayaan tua yang lebih maju daripada ketiga negara tersebut….Lihat saja peninggalan artefak2 fisik budaya ketiga negara tersebut pada saat anda mengunjungi ketiga negara tersebut……banyak sekali pusaka2 kuno ribuan tahun disana….


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s